Header Ads

Himpaudi Jayaa


PROBOLINGGO – Launching GERNAS BAKU Kota Probolinggo dilaksanakan pada tanggal 04 Mei 2015. GERNAS BAKU adalah Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas BAKU) yaitu suatu gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di lembaga PAUD, dan masyarakat.
Launching GERNAS BAKU 2018 sekaligus Gebyar HAN 2018 Kota Probolinggo dilaksanakan oleh Pengurus Daerah HIMPAUDI Kota Probolinggo bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kota Probolinggo, dan PT. Sang Hyang Perkasa Malang (Susu Chilgo). Dihadiri oleh Bunda PAUD Kota Probolinggo (Ibu Walikota), Bunda PAUD Kecamatan (Ibu Camat), Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bidang PAUD DIKMASIF (Pendidikan Masyarakat & Inklusif) beserta jajarannya, Ketua I HIMPAUDI Jawa Timur (Dra. Aya Sophia), Ketua IGTKI Kota Probolinggo, dan tamu undangan lainnya. Diikuti ±1200 peserta didik dan seluruh Pendidik PAUD se Kota Probolinggo. Kegiatan ini diisi dengan Senam bersama, Pelepasan Balon, Penyematan PIN GERNAS BAKU oleh Bunda PAUD kepada salah satu perwakilan murid beserta wali murid, membacakan buku cerita oleh Bunda PAUD kepada beberapa perwakilan anak, membacakan buku cerita oleh pendidik kepada peserta didik, dialog Bunda PAUD bersama peserta didik, Senam Chilgo, minum susu Chilgo bersama.

Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak, mempererat hubungan sosial emosional anak dan orang tua, menumbuhkan minat baca sejak dini. Menurut survey Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015,  91,47 % anak usia sekolah lebih suka menonton televise dan 13,11 % yang suka membaca. Abad ke-21 membutuhkan anak-anak yang mampu berpikir kritis, kreatif, komunitas, dan mampu berkolaborasi. Abad ini menuntut orang tua mendampingi anak anaknya mampu menguasai kecakapan beragam Literasi. 
#GERNASBAKU2018
 #salamliterasi

Tidak ada komentar